Proyek Akhir

Catatan Proyek Akhir ku (part 2)

ARTIKEL IDENTIFIKASI MASALAH RANCANG BANGUN APLIKASI ADMINISTRASI PERJALANAN DINAS PADA PT DBL INDONESIA

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pada Catatan Proyek Akhir ku (part 2) kali ini akan membahas tentang Document Flow yang terjadi pada PT DBL Indonesia.

A. Judul

  RANCANG BANGUN APLIKASI ADMINISTRASI PERJALANAN DINAS PADA PT DBL INDONESIA

B. Document Flow

   Document flow merupakan aliran proses bisnis yang terjadi pada suatu perusahaan dalam bentuk manual, atau bisa juga disebut belum terkomputerisasi. Bentuk manual dalam hal ini artinya masih menggunakan dokumen untuk disetiap kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan.

    Pada Catatan Proyek Akhir Ku (part 2) ini akan membahas tentang aliran proses bisnis yang terjadi pada PT DBL Indonesia pada bagian perjalanan dinas. Pada PT DBL Indonesia, perjalanan dinas disebut dengan Event. Event tersebut terdiri dari beberapa kategori, yaitu Event DBL, Event ISC, Event Umum, dan Perdin.

docflow

Gambar 1. Document Flow Perjalanan Dinas

     Penanggung jawab setiap divisi mendapat jadwal event dari hasil rapat yang dilakukan oleh pimpinan yang terkait. Kemudian penangung jawab setiap divisi tersebut menugaskan kepada anggota-anggotanya untuk mengikuti event yang terdapat dalam jadwal event tersebut. Setiap anggota dapat mengikuti beberapa event dan setiap event dapat diikuti beberapa anggota. Setelah anggota-anggota mendapat instruksi tersebut, kemudian mereka meminta Form Perjalanan Dinas kepada bagian HRD yang kemudian diisi sendiri oleh mereka. Setelah mengisi form tersebut, mereka memberikan kepada penanggung jawab mereka untuk dilakukan persetujuan. Jika disetujui, maka form tersebut akan ditanda tangani dan diberikan kembali kepada anggotanya, jika tidak maka anggota meminta kembali form perdin kepada bagian HRD dan mengisi ulang form tersebut. Setelah anggota mendapatkan form yang telah disetujui, kemudian anggota memberikan kepada HRD. HRD melakukan pencatatan perjalanan dinas dari form tersebut yang disimpan kedalam file excel dan mengarsipnya. Data excel perjalanan dinas tersebut akan dimasukkan ke dalam file presensi untuk dihitung banyaknya mengikuti event.

     Demikian document flow pada Catatan Proyek Akhir Ku (part 2) pada kali ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan dan penjabaran alur yang terkait. Kritik dan saran penulis terima.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Mellindha Dwiani Pika (mellindha.elf@gmail.com)
DIII Manajemen Informatika (http://mi.stikom.edu)
Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya (http://www.stikom.edu)

Dosen Pembimbing : Titik Lusiani, M.Kom., OCP
http://blog.stikom.edu
http://titiklusiani.wordpress.com

Satu tanggapan untuk “Catatan Proyek Akhir ku (part 2)

Tinggalkan komentar